analisa tapak

lapangan sma 1 pangururan, samosir

Apa yang paling disukai arsitek yang kerja di sebuah konsultan teknik?
Preliminary  site visit  tentu saja.. Sejenak mengendurkan aktivitas yang rutin sehari2 di kantor, deadline dan gambar2 kerja yang harus diperiksa. Apalagi kalau masih tanah kosong. Steven Holl berkata, dalam mendesain, kau harus menyelami site, merasakan anginnya, viewnya, panasnya.
Menghirup aroma kebebasan untuk menentukan kemana arah bukaan sehingga mendapatkan pencahayaan maksimal, pemandangan terbaik yang akan dibingkai oleh jendela-jendela yang akan dibuat.
Oi.. stop menghayalnya.
Kegiatan tersebut diatas mungkin hanya akan dilakukan oleh arsitek terkenal. Yang kami lakukan sekarang sebagai arsitek muda yang bekerja di sebuah konsultan teknik adalah survey. Agak jauh dari sebuah gambaran filosofis sebuah site analisys. Yang mana ketika kuliah kita dituntut untuk membuat suatu laporan dalam bentuk kertas A1 penuh peta,  foto, panah2 keterangan untuk menunjukkan sirkulasi sekitar, arah angin, arah matahari, tingkat kebisingan, untuk menentukan bagaimana bangunan desain kami akan berbentuk. Site analysis itu pula akan ikut mempengaruhi tema, yang oleh kami mahasiswa arsitektur dibuat agak bombastis sehingga menghasilkan desain yang spektakuler.
Sekarang bukannya kita tidak bisa melakukan analisa tapak ideal, tapi kita memang diburu-buru klien yang ingin melihat hasil desain sesegera mungkin. Hasilnya, analisa itu cuma ada di kepala kita, atau sudah langsung disintesa menjadi bentuk preliminary design. Lainnya hanya sebagai data sketsa catatan survey dan foto-foto.
Oke, jangan skeptis dulu.
Dunia arsitektur adalah dunia yang menyenangkan, diluar kewajiban tak tertulis  pulang malam karena menyelesaikan desain yang harus dibawa presentasi esok harinya. Seandainya saja kita bisa lebih leluasa waktunya untuk mendesain tentu lebih baik.
But, when the money come if you don’t finish the design quickly ?
So do it fast, efficient, and beautiful. Lagipula kan kita dibantu drafter dalam menyelesaikan gambar. Asal sketsa gambarmu jelas dan informatif, dan sudah matang benar, drafter (yang handal tentunya) akan menyelesaikan dengan kecepatan tangan yang mengagumkan, kanan di mouse, kiri pada keyboard. Sampai terkadang komputer hang ditengah keterburu-buruannya.
Sekarang, mari kita mulai..
Advertisements

2 thoughts on “analisa tapak

  1. @ajicaku says:

    kak, saya adalah manusia yang mencintai arsitektur dan menggambar sejak smp. saya baru aja lulus SMA, dan saya bingung.

    apa kuliah saya ambil jurusan arsitektur atau teknik industri.
    kira kira menurut kakak para manusia arsitektur di jaman saya nanti itu bagaimana?

    apakah melihat kesuraman atau sebaliknya..

    • indrijuwono says:

      kalau aku sudah sejak kecil bercita2 jadi arsitek, sehingga aku pasti pilih menjadi arsitek.
      pembangunan di Indonesia sudah semakin tinggi dan kesadaran masyarakat terhadap profesi arsitek juga makin tinggi.
      tapi arsitek tidak semata membangun untuk bangunan mewah saja, namun juga menciptakan ruang aktivitas buat kehidupan. masih banyak hal bisa digali dr seluruh indonesia.
      semoga sukses.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s