tengah perjalanan

Mungkin ada beberapa teman-teman dan pembaca tulisan-tulisan ini jadi ‘kecele’ salah menduga tentang apa yang diharapkan bisa dibaca dari blog ini. Tidak salah memang, ketika melihat blog ini punya seorang arsitek, mungkin yang diharapkan adalah tips-tips, gambar-gambar bangunan yang indah, atau hasil karyaku.

Awalnya aku membuat blog ini sebagai wadahku untuk mengulas bangunan, karya arsitektur, seperti yang ada di banyak majalah-majalah desain. Latar belakangku yang hobi mengulas buku, membuatku berpikir, seharusnya karya arsitektur juga bisa dikupas, bukan hanya dari sudut wartawan profesional, namun juga oleh arsitek yang sedang belajar merintis karirnya. Dengan mengulas juga diharapkan aku belajar akan kelebihan dan kekurangan arsitek lain.

Namun, di perjalanan penulisan, ternyata lebih sering kutemui hal-hal menarik yang tidak hanya berkaitan dengan bangunan. Interaksi manusia dalam ruang geraknya sehari-hari yang bersinggungan dengan benda-benda arsitektur. Sepotong ruang kota yang merupakan wadah manusia untuk beraktivitas. Tidak hanya satu bangunan. Ada banyak hal yang bisa diolah. Ada banyak hal yang bisa dikritisi, tidak hanya yang indah saja, tetapi terangkum dalam satu ruang gerak yang membentuk wajah kota. Keistimewaan arsitek adalah ia menulis dari sudut pandang ruang.

Kebanyakan tulisan-tulisanku lahir di dalam perjalananku berangkat dan pulang naik KRL setiap hari. Karena itu, beberapa tulisanku bertemakan KRL karena aku sangat dekat dengan keseharian itu. Sejak dulu aku amat menyukai bangunan transportasi publik. Karena di situ terdapat ribuan interaksi manusia dalam suatu titik tolak untuk bergerak ke mana pun, ataupun bergerak untuk tidak ke mana-mana. Dulu ketika masih kuliah, Prof. Gunawan Tjahjono memberi tugas untuk merancang ‘Silang Ganti Antar Moda Universitas Indonesia’ yang ternyata adalah suatu lokasi di mana terjadi aktivitas pengguna kereta rel listrik, bis umum, bisa berganti dengan bis kuning untuk masuk UI dalam ruang yang terintegrasi. Waw! Sampai sekarang aku masih menilai kosakata pilihannya itu keren sekali. Ya, ‘Silang Ganti Antar Moda’ adalah kata umum yang diberikan apabila kita menyebutkan terminal, stasiun, bandara, pelabuhan. Karena di situ bukan hanya terjadi perjalanan dengan sejenis moda transportasi tertentu saja, namun juga berbagai macam penunjang lanjutan yang terangkum dalam satu titik pertemuan. Tempat di mana bisa terjadi banyak aktivitas yang membentuk ruang-ruang singgung menarik untuk dibicarakan.

Karena banyak hal yang aku temui di jalan itu, selama naik KRL atau tidak naik KRL, maka aku menemukan hal-hal yang menggelitik untuk dituliskan. Kadang masuk emosi kesal, kadang terpana kagum, terkadang juga hal-hal yang lucu. Aku suka mengamati jalanan, melihat kebiasaan-kebiasaan, dan kadang suka berpikir kenapa kebiasaan itu ada. Jostein Gaarder berkata dalam bukunya, Maya, “Manusia dikutuk untuk terus berpikir sepanjang hidupnya. Mungkin dalam skala terbatas, kami dapat mengontrol pikiran kami, tetapi kami tidak dapat mematikan proses berpikir itu sendiri.”

Ini adalah luapan apa yang dipikirkan oleh otak arsitek di sela hari-harinya berkutat dengan gambar, material, negosiasi, dan deadline. Tulisan-tulisan ini adalah oase bagiku untuk menumpahkan gelitik di dalam kepalaku. Seperti Albus Dumbledore dan Pensievenya. Seperti masa kecil dan surat-surat kepada sahabat penaku. Sekarang, aku membaginya di sini, untuk kalian pembacaku. Hatur terima kasih sangat untuk yang meluangkan waktu membaca tulisan sederhana ini, mengintip bagaimana aku ber-tindak tanduk.

Rumahbintang.
Kamis. 29.03.2012. 02:59
foto : Stasiun Bogor

Advertisements

6 thoughts on “tengah perjalanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s