SD pilihan kelas inspirasi

cover

“Seandainya anak anda berusia anak SD, apakah anda mau mengirim anak anda sekolah di sini? Mengapa?”

Itulah satu pertanyaan yang tertinggal dari Tim Kelas Inspirasi usai Hari Inspirasi pada 20 Februari 2013 lalu. Kami memang diminta untuk mengamati sekolah, termasuk kegiatan belajar-mengajarnya, fasilitas-fasilitas yang ada, dan apa-apa yang menarik dan tidak menarik dari kelas ini. Sehingga jawaban pertanyaan ini seharusnya menjadi sintesis dari apa yang kami amati.

lokasi
SDN Pejaten Barat 05 Pagi relatif mudah sekali dicapai dari jalur transportasi massal Jakarta. Dari stasiun Pasar minggu tinggal menyeberang dan naik mikrolet M 36 selama 10 menit masuk ke Jalan Siaga, dan berbelok sampai Jalan Pejaten Barat. Tak jauh dari sebuah pompa bensin, ada halte besar bertuliskan Halte SDN Pejaten Barat 05. Selain untuk SD ini, memang ada beberapa sekolah dasar yang berada di dalam lingkungan ini.

Dari arah Warung Buncit juga tak kalah mudahnya, dari halte bus Transjakarta Pejaten, de perempatan Republika, bisa naik mikrolet M36 menuju arah Pasar Minggu, dan hanya 10 menit juga sampai di depan halte SD tersebut.

Sekolah berjarak sekitar 30 m dari jalan dengan kebun pepohonan di antaranya. Dengan jarak yang cukup ini membuat ruang-ruang kelas tak terkena polusi suara dari kendaraan yang lalu lalang di jalan raya. Setelah kebun, masih ada lapangan olahraga dari perkerasan beton yang berada di tengah-tengah sekolah. Lapangan ini dijadikan lapangan upacara setiap hari Senin.

sekolah di tengah kebun

sekolah di tengah kebun

Di dalam ruang-ruang kelas, pengudaraan berjalan baik. Angin yang masuk dari sela-sela jendela nako menghembus dan tidak membuat gerah suasana di dalam kelas, walaupun sudah menjelang siang. Tidak diperlukan AC tambahan untuk kenyamanan belajar di sini.

fasilitas
Selain-ruang-ruang kelas, di sekolah ini juga terdapat ruangan-ruangan lain seperti ruang kepala sekolah, toilet, dan perpustakaan. Di sini tidak ada lab komputer, namun ada perpustakaan si sudut sekolah. Di depan halaman terdapat bangunan musholla seukuran satu ruang kelas. Tidak terdapat ruang guru di sini, namun ada satu ruangan besar di samping ruang kepala sekolah yang dijadikan ruang berkumpul guru. Di depan ruang ini juga dijadikan warung kecil yang menjual penganan ringan anak-anak. Di dalamnya terdapat tengkorak peraga, juga bagan-bagan peraga ilmu hayat, juga beberapa globe untutk pengajaran ilmu bumi.

Terdapat 7 lokal di sekolah ini, dengan 6 ruang kelas. Kelas I dan II menggunakan ruang kelas secara bergantian, sementara kelas IV ada 2 lokal paralel kelas IVA dan IVB. Ruang-ruang kelas, ruang guru, dan perpustakaan membentuk huruf L mengitari lapangan olahraga/upacara. Di antara kelas dan lapangan terdapat taman kecil dengan beberapa tanaman hias.

ruang kelas

ruang kelas

gambar di dinding

gambar di dinding

Lantai kelas dari bahan keramik putih dan berdinding batu bata dengan kusen kayu dicat minyak serta berkaca nako. Langit-langit berbahan tripleks menutupi kuda-kuda kayu yang menyangga atap sekolah yang berpenutup genteng keramik warna terakota. Di koridor luar terdapat papan-papan yang ditempel di dinding untuk sebagai papan informasi dari sekolah ke murid-muridnya. Papan tersebut digantung rendah di bawah jendela, sehingga murid mudah membacanya.

papan informasi

papan informasi

Di dalam ruang kelas, bangku-bangku murid terbuat dari kayu. Beberapa kelas menggunakan satu bangku untuk berdua, namun ada juga dengan bangku masing-masing meskipun untuk meja tetap berbagi dua murid bersebelahan. Di depan kelas terdapat meja guru dan kursinya, juga papan tulis white board yang dilengkapi dengan bangku panjang setinggi 40 cm untuk murid-murid bisa menjangkau tulisan di papan. Di setiap kelas juga terdapat lemari tempat murid menyimpan buku ulangan atau hasil prakaryanya. Beberapa kelas ditempel foto-foto pahlawan nasional, dan beberapa kelas lain juga dilengkapi dengan peta Indonesia maupun peta dunia. Selain itu di dinding juga banyak slogan-slogan bernada positif.

depan kelas

depan kelas

Yang agak mengganggu pemandangan, tepat di samping SD ini terdapat bangunan SDN Pejaten Barat 4 yang kondisinya sudah rusak mengenaskan. Dinding dan kusen yang hancur, dan langit-langit yang lapuk, membuat bahaya apabila ada murid yang kebetulan main ke situ. Tak ada batas fisik yang jelas antara gedung SD 5 yang beroperasi dan puing-puing SD 4. Mungkin hanya himbauan guru dan kesadaran murid yang membuat area itu tak dikunjungi.

kelas yang rusak

kelas yang rusak

Juga yang disayangkan karena ruang perpustakaan yang berada di sudut sekolah menjadi tidak strategis untuk dikunjungi anak-anak setiap hari. Padahal di perpustakaan semestinya menjadi gudang ilmu yang menunjang kegiatan belajar mengajar.

belajar
Guru di sekolah ini ada 12 orang yang mengajar sesuai keahliannya kecuali guru kelas I dan II yang mengajar beberapa mata pelajaran. Murid-murid di sini tidak bisa dibilang terlalu patuh pada gurunya. Terkadang ketika guru mengajar, murid masih ramai berceloteh di dalam kelas. Ketika kami mengajar kemarin, beberapa kelas sangat serius memperhatikan, terutama kelas-kelas dengan tingkat yang lebih tinggi. Sepertinya pola pendekatan guru yang tidak terlalu galak, membuat anak-anak ini lebih responsif apabila ditanya dan cenderung berisik di dalam kelas. Namun sebenarnya, murid-murid pun bisa tenang apabila diarahkan.

belajar sambil bermain

belajar sambil bermain

Lokasi halaman sekolah yang luas menjadi tempat favorit murid-murid untuk menghabiskan istirahat. Mereka bisa berlarian dengan luas di halaman seluas lapangan basket itu, dan juga bermain-main sambil berteriak-teriak. Sebenarnya ada potensi bermain apabila mereka ke kebun antara lapangan dan jalan raya, namun beberapa murid mengeluh di tempat itu sering kejatuhan ulat bulu. Padahal, kebun rimbun itu mengasyikkan kalau dijadikan latar belajar alam.

halaman sekolah

halaman sekolah

taman samping kelas

taman samping kelas

Kembali pada pertanyaan di atas, maukah menyekolahkan anak anda di sini? Dengan fasilitas yang cukup dan lapangan yang amat luas untuk ukuran SD, sekolah ini cukup menyenangkan. Dengan tingkat kelulusan 100 % rasanya sekolah ini bisa bersaing sebagai sekolah yang layak dimasuki. Apalagi potensi kebun untuk belajar ilmu alam secara nyata, membuat murid-murid bisa kecintaan terhadap alam meningkat. Di Jakarta, hijau makin lama menjadi area yang demikian mahal dan eksklusif. Sekolah ini beruntung bisa menikmatinya. Halaman hijau itu bisa dijadikan tempat latihan kemping pramuka apabila tidak hujan. Aneka permainan alam bisa diadakan di sini juga. Karena selain belajar, anak-anak juga harus bermain untuk keseimbangan psikologisnya.

Kekurangan pada perpustakaan bisa ditutupi dengan menyediakan buku-buku yang dibutuhkan untuk perkembangan sosial di rumah. Demikian juga apabila ada kekurangan pada metode pengajaran. Jam sekolah di SD Negeri yang cukup pendek dibandingkan swasta membuat murid di rumah harus belajar lebih untuk bisa mengejar targetan yang dibutuhkan. Namun, sebagai ruang untuk berkegiatan belajar, baik indoor maupun outdoor, ruang gerak dinamis maupun statis, sekolah ini memiliki tempat yang menyenangkan. Seandainya tempat tinggalku berada dalam radius 3 km dari sekolah ini, tentu aku dengan senang hati memasukkan si kecil ke sini. Bahkan di Depok pun, sulit dijumpai sekolah dengan suasana rimbun seperti ini.

Kelas Inspirasi_Jigo00057

pengamatan ketika arsitek menjadi guru sehari di SD Pejaten Barat 05
19.03.2013 : 14 : 14
foto oleh Atam, Farli dan Justin

Advertisements

4 thoughts on “SD pilihan kelas inspirasi

  1. Nadine says:

    Hiya very cool blog!! Guy .. Beautiful .. Wonderful ..
    I will bookmark your blog and take the feeds also?
    I am satisfied to search out numerous useful information here in the post, we’d like work out more strategies in this regard, thank you
    for sharing. . . . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s