colours of india : food that guide me

DSC_0269

Semua yang kenal baik denganku pasti tahu betapa inginnya aku pergi ke India. Negeri di Asia Tengah yang masakannya kaya dengan bahan rempah ini adalah tempat yang kuimpikan gara-gara ingin napak tilas perjalanan karakter si Roy ciptaan mas Gol A Gong. Berkali-kali aku menyusun rencana, tapi selalu gagal karena tak ada teman jalan yang mau diajak bareng. Terus terang, aku belum berani bepergian ke India sendiri, walaupun banyak juga orang-orang yang solo traveling di sana. Semoga tahun depan India menjadi salah satu destinasi yang kutuju, selain beberapa negara di Asia Tengah lainnya.

Karena itu, ketika ada undangan makan di Hotel Indonesia Kempinski untuk mencoba beberapa masakan di sana dalam rangkaian Colours of India, aku tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Sebelumnya aku sudah beberapa kali makan masakan India di Jakarta, Singapura atau Malaysia. Rasa rempahnya yang tajam dengan berbagai bumbu kari menemani berbagai roti khas atau nasi. Dibandingkan dengan masakan Indonesia yang sama-sama kaya rempah, masakan India berbau lebih tajam.

Siang itu aku, Firsta, dan Olive memutuskan merayakan ulang tahun kak Olive di SignatureRestaurant Hotel Indonesia Kempinski, sambil menikmati masakan India yang lezat di festival ini. Jadi kami sama-sama mendaftar untuk mencicipi masakan di event Colours of India yang berlangsung 2-17 Oktober di Signatures Restaurant untuk merayakan Diwali festival. Dengan kebaya putih dan celana jeans sambil menggendong ransel, aku melangkah di lorong-lorong yang sudah cantik menuju Signature Restaurant. Tepat jam 12, kami memasuki area restoran dan mengamati buffet masakan India yang sudah terhidang di sana. Masakan-masakan ini disajikan dalam periuk tanah liat yang dijejer dengan pencahayaan temaram.
DSC_0271

DSC_0264

Aku mengambil Nasi Briyanni yang tersohor itu, karena itulah makanan yang paling kukenal baik dan sudah pernah mencoba beberapa kali di tempat lain. Di depannya ada chicken curry yaitu potongan ayam dengan balutan bumbu rempah masala namun digoreng dan diberi irisan lemon. Enak dan gurih sekali. Tak ketinggalan aku juga mengambil beberapa bumbu kari untuk melangkapi masakan ini.

DSC_0247

DSC_0256

DSC_0257

Di meja sebelahnya yang dihiasi oleh tabla yang berdiri tegak, tersedia juga berbagai masakan india dengan bahan dasar sayur atau buah-buahan. Sangat cocok untuk penganut vegetarian yang tidak memakan daging. Aku ingat ketika di Jepang aku pusing mencari masakan yang tak mengandung babi, dan tahu-tahu aku menemukan restoran India! Selamatlah aku, karena aku juga cocok dengan citarasa India ini.

Selain buffet berisi masakan, di tepi-tepinya juga diletakkan berbagai bumbu masakannya berwarna-warni, baik bumbu berbentuk butiran, ataupun yang sudah dihaluskan menjadi bubuk. Bumbu-bumbu ini tersedia juga di dapur restoran, ada juga yang dibawa langsung oleh kokinya dari India. Warna-warnanya yang mencolok membuat hasil masakannya berwarna cerah juga.

251

DSC_0286

Favorit kami bertiga adalah chicken curry yang berulang kali dipuji oleh Firsta. Sembari makan, chef Aswani Khumar Singh mendatangi kami dan menawarkan satu mangkuk gulai ayam yang disajikan langsung ke piring kami masing-masing. Chef ini sangat ramah dan melayani pertanyaan cerewet dari tamu-tamu blooger yang ingin bertanya lebih lanjut soal masakan-masakan India. Ketika sedang berkeliling untuk kedua kalinya, aku melihat chef ini sedang menerangkan bumbu-bumbu panjang lebar ke salah satu blogger yang mewawancarainya.

DSC_0272

Karena aku harus segera ke bandara untuk mengejar penerbangan ke Lombok, aku hanya sempat mencecap es krim green tea dan es krim jambu di salah satu gerai di restoran ini. Rasa nasi Briyanni berisi udang itu masih menari-nari di lidahku ketika aku melangkah keluar dari Hotel Indonesia Kempinski ini.

Hmm, India, suatu hari aku akan mencicipi ayam Tandoori-mu di negeri asalnya, sambil menikmati warna-warni dan keriaan kota-kota tuanya.

DSC_0297

Lokasi :
Signatures Restaurant – Hotel Indonesia Kempinski
021 – 2358 3898 signatures.jakarta@kempinski.com.

Advertisements

2 thoughts on “colours of india : food that guide me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s