liburan di holiday inn pasteur

After all, the best part of a holiday is perhaps not so much to be resting yourself, as to see all the other fellows busy working.

Kenneth Grahame

Buat orang Jakarta sepertiku, Bandung selalu menjadi tempat menarik untuk berakhir pekan. Suasana kota yang lebih sejuk, udara yang lebih bersahabat, taman-taman indah yang menarik untuk disambangi, juga aneka tempat wisata baik alam maupun yang baru di sekitar kota Bandung. Bayangkan untuk duduk-duduk di cafe di bawah pohon sambil menyesap olahan minuman ringan di Dago, makan bakso Enggal di Palasari, mengantri batagor Kingsley di Veteran, rasanya cuma bisa dinikmati di Bandung.

Apalagi dengan adanya tol Cipularang yang mempercepat perjalanan dari Jakarta ke Bandung, pasti memudahkan perjalanan singkat ke kota kembang itu. Walaupun tol Cikampek sekarang banyak macetnya, tapi tetap tidak mengurangi minat warga ibukota untuk bertandang ke Bandung, yang dahulu sering dijuluki Parijs van Java.

Salah satu alternatif menginap di kota Bandung berada di Jalan Pasteur, sebagai jalan utama yang langsung ditemui ketika keluar tol Bandung. Lokasi Jalan Pasteur yang strategis, cukup praktis untuk menuju pusat kota dan tempat-tempat wisata di Bandung sering menjadikannya sebagai kawasan penginapan. Selain itu, jalan Pasteur juga dekat dengan bandara Husein Sastranegara yang menjadi tempat hentian penerbangan dari Jakarta, Bali, bahkan Singapura dan Kuala Lumpur.

Salah satunya hotel di Pasteur Bandung yang menarik adalah Holiday Inn. Siapa sih yang tak kenal dengan nama besar hotel management yang sudah mendunia ini? Jejaring Holiday Inn yang sudah dikenal di di kota-kota besar di dunia ini hadir di Bandung, untuk melengkapi aktivitas wisata di Bandung. Jika sebelumnya orang banyak mengenal Holiday Inn di kawasan Dago, sekarang sudah tidak beroperasi lagi, dan satu-satunya Holiday Inn di Bandung ini sekarang berada di Jalan Pasteur.

How far?

Holiday Inn Pasteur hanya berjarak 10 menit dari pintu tol Pasteur, sehingga pas untuk beristirahat sesudah perjalanan sepanjang 100 km lebih dari Jakarta. Jika tiba dengan pesawat, tidak sampai 20 menit plus macet-macetnya, sudah sampai di hotel ini. Sewaktu aku ke sana dari kawasan Lembang, sehingga tinggal turun lewat Dago dan belok melalui jembatan Pasopati ke Holiday Inn.

Public Area

Setiba di hotel, kami disambut dengan lobby yang lebar dan ramah dengan nuansa abu-abu. Lantai granit yang menyambut kami memberi kesan lega dan nyaman, apalagi ditambah dengan beberapa sitting groups sehingga antar kelompok tamu tidak terganggu satu sama lain apabila mengobrol. Satu grand piano juga diletakkan di tengah menemani tamu-tamu menunggu. Di bagian lift lobby terdapat sofa panjang yang terbagi beberapa bagian, sentris terhadap kanan dan kiri ruangannya. Nah, apabila masih memerlukan sesuatu, di dalam area lobby ini juga ada minimarket dengan harga normal untuk memenuhi beberapa kebutuhan.

Take some Rest

Ada berbagai macam kamar di Holiday Inn, pilihan menginapku di Junior Suite untuk kenyamanan dan ruang yang luas. Kamar ukuran Junior Suite ini sangat nyaman, dilengkapi dengan mini pantry, ruang duduk dan ruang makan. Di ruang tidur utamanya dilengkapi dengan tempat tidur ukuran king dengan bantal yang banyak, termasuk sofa dan televisi untuk bersantai. Salah satu sudutnya meja kerja dengan pemandandangan jendela besar ke kota, memperlancar kegiatan bisnis selama menginap.

Kamar mandinya yang cukup lega, dilengkapi dengan lemari untuk menggantung pakaian, bathub ukuran besar, shower box, dan meja lavatory yang panjang. Yang paling unik dan khas Holiday Inn banget adalah, setiap kamar disediakan setrika dan mejanya yang bisa dilipat. Jadi nggak perlu khawatir kalau bajunya kusut dalam koper, karena bisa langsung dirapikan sebelum beraktivitas.

Sementara kamar-kamar lain yang ada di sini yaitu tipe Deluxe room, merupakan pilihan yang praktis dengan king bed yang dilengkapi meja, televisi serta meja kerja. Untuk tipe Deluxe room terrace memang menghadap taman dan dilengkapi balkon kecil untuk menikmati luar. Selain itu ada yang unik yaitu Deluxe Room Japanese Style, untuk tamu-tamu dari Jepang yang tidak mau tempat tidurnya tinggi, tetapi hanya naik sedikit dari lantai.

Untuk yang membawa keluarga lebih banyak, bisa didukung dengan family room yang cukup lega, termasuk bed king dan bed single untuk si anak. Apalagi dengan program Kids Stay and Eat Free hingga bisa bebas tinggal dan makan keluarga untuk empat orang termasuk orang tua dan kedua anaknya.

Yang paling mewah dari semuanya adalah Royal Suite Room yang biasa dipergunakan oleh pejabat negara yang menginap di sini, dilengkapi dengan ruang makan yang bisa menampung hingga delapan orang, meja kerja yang besar untuk beraktivitas, hingga ruang tidur untuk ajudan sehingga dekat dengan atasannya. Dengan ruang duduk yang terpisah dari ruang tidur, memungkinkan untuk menerima tamu-tamu tanpa kenyamanan privatnya terganggu. Perabotan yang dipilih pun dari kayu dengan nuansa klasik yang elegan, namun tidak berkesan berat.

Bahkan ada weekend package spesial dengan breakfast untuk dua orang dan bisa late check out hingga jam empat sore yang bisa digunakan di hari Jumat dan Sabtu saja.

Move your body

Di sela-sela waktu menginap, berbagai fasilitas yang disediakan oleh Holiday Inn Pasteur ini memang bikin betah. Yang hobi olahraga bisa mencoba gym dengan berbagai alat yang tersedia. Bahkan gym-nya sendiri tidak hanya bisa dinikmati oleh tamu hotel, tapi juga member dari Kota Bandung dan sekitarnya. Selain itu juga terdapat studio untuk yoga dan zumba, yang biasanya ramai dengan perempuan yang ingin membentuk tubuhnya lebih langsing. Kalau ingin menyegarkan diri, ruang sauna dan whirpool tersedia yang terpisah pria dengan wanita, merilekskan otot-otot usai berolah raga.

Aku sendiri mencoba massage di Spa Orchid yang berada di depan gym, yang didesain dengan nuansa hangat, ringan dan menyenangkan. Terdapat beberapa ruang spa single, dan ruang spa couple untuk pasangan. Suasana ruang yang remang-remang membuat perasaan menjadi tenang ketika terapisnya mulai melakukan treatment. Di ruang couple ini juga dilengkapi dengan bathub berbentuk bundar untuk menyegarkan diri usai perawatan.

Karena aku juga suka berenang, jadi kesempatan untuk menceburkan diri ke air juga tak kulewatkan. Di Holiday Inn Pasteur ini terdapat dua kolam renang, yang pertama berada di lantai enam yang terlindungi oleh atap transparan sehingga nyaman untuk berkecipuk tanpa takut gangguan cuaca. Pool decknya dari engineering wood berbanjar sehingga tidak khawatir terpeleset di tepian. Kolam ini dikelilingi lansekap hijau yang cantik serasa berada di alam terbuka.

Kolam renang lainnya berada di lantai dasar, bersebelahan dengan Ambassador restaurant yang menjadi tempat sarapan. Berukuran cukup besar dengan berbagai macam kedalaman, sehingga cocok untuk berenang orang dewasa dengan motif blue mozaik yang menyejukkan mata. Di sampingnya terdapat kolam anak yang dilengkapi dengan air terjun yang bergemericik dari batu andesit pelapis dinding sehingga anak-anak suka sekali bermain-main di bawahnya. Bila ingin bersantai saja, asyik rasanya membaca buku di salah satu bangku cantik di tepi kolam dengan desain yang unik.

Foodies, here you come!

Ambassador restaurant yang berada di lantai dasar bisa menjadi pilihan tamu hotel yang ingin menyantap makanan di sana. Dibuka untuk breakfast setiap pagi dengan dua macam menu, yang western dan Indonesia, sehingga tamu bisa memilih sesuai dengan seleranya. Selain itu, penataan ruangannya pun bervariasi sehingga bisa dipilih mana yang sesuai keinginan. Di bagian luar yang menghadap koridor, di bagian dalam yang dekat makanan, tepi jendela yang memanjang, atau di samping kolam renang sambil mengawasi anak-anak berenang. Menu pertama yang kuambil cukup variatif, paduan kentang, salad, sosis dan sayuran, serta omelet dan berbagai macam temannya. Hmm, lezatnya menyantap masakan segar ini.

Untuk menu ala carte di restoran ini juga cukup beragam. Steak disajikan dengan pilihan daging (sirloin, tenderloin, dan T Bone), dengan pilihan berbagai saus mulai dari barbeque, blackpepper, mushroom dan lainnya, juga tingkat kematangan yang disesuaikan dengan selera. Jadi kalau mau mencoba variasi masakan steak-nya bisa dicoba di sini. Begitu juga dengan masakan pasta, aneka macam pilihan bentuk pasta, mulai dari spagheti, fetucinni, penne, kerang, dll dengan aneka cara memasak juga ala saus italia yang lezat. Sayangnya, di restoran ini masakannya agak kurang pedas sehingga harus minta saus sambal sebagai perasa tambahan.

Karena aku menginap di sini dengan mama yang menyukai masakan Indonesia asli, maka bisa saling berbagi menu apabila tiba waktu makan. Seperti siang itu aku memilih salmon benecdict sementara mama memesan nasi timbel komplit yang porsinya ternyata cukup banyak juga. Di malam hari yang dingin pun kami memilih menu yang berbeda karena mama asyik dengan sop buntut bakar yang cocok dengan lidahnya, sementara aku memesan tom yum seafood yang penuh udang.

Minumannya pun cukup beragam untuk tetap menggugah selera usai makan. Minty cookies, strawberry mojito dan strawberry smoothie menjadi pilihan untuk mendinginkan tenggorokan. Senangnya, karena strawberry yang memang jadi buah favoritku ini memang cukup mudah ditemukan di Bandung sesuai dengan iklim dataran tinggi tempatnya bertumbuh ini. Jadi, apabila diolah dengan berbagai cara, tetap saja bakal enak.

Jika ingin bersantai dan menginap sambil ngopi, bisa singgah juga ke Magenta Lounge, ruangan hangat dengan perabotannya yang khas bergaya retro, dengan aneka ilustrasi tokoh musik tahun 60-an di sisi-sisi dindingnya. Perabotannya yang berwarna-warni cerah dengan karakter tumpul di sudutnya menemani obrolan sore atau malam yang hangat.

Meet Up

Sebagai hotel berbintang empat, Holiday Inn Bandung juga kerap digunakan sebagai ruang pertemuan karena memiliki berbagai Convention Hall dengan ukuran yang bisa disesuaikan. Selain ruang meeting besar di lantai satu dengan partisi yang bisa dibuka, di lantai dua juga terdapat dua macam ruang pertemuan dengan ruang prefunction yang cukup besar untuk menjamu dengan hidangan Ruang-ruang ini bisa digunakan untuk seminar, pelatihan, bahkan reuni dan arisan bisa diselenggarakan di sini. Tidak perlu takut mengganggu satu sama lain, karena partisi yang digunakan untuk menyekat sudah kedap suara.

Holiday Inn Pasteur juga cukup terjangkau dari berbagai titik lifestyle kota Bandung, seperti Mall Parijs Van Java, Cihampelas Walk, atau sekadar berjalan kaki di tepi-tepi jalan di jalan Braga atau jalan Asia Afrika. Dari kawasan Lembang pun masih bisa dijangkau dengan mudah, apalagi di jendelanya tersaji pemandangan gunung Tangkuban Parahu yang membentang indah. Jika ingin menikmati kota Bandung sekaligus beristirahat dengan nyaman, Holiday Inn Pasteur bisa menjadi pilihan.

HOLIDAY INN PASTEUR BANDUNG

Jalan Dr. Djunjunan 96 Pasteur 
Bandung 40162, Indonesia
+62 22 2060123
info.bdopa@ihg.com

http://holidayinnpasteur.com/

 

Advertisements

3 thoughts on “liburan di holiday inn pasteur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s